Solusi Packing

Kemasan Kardus Bergelombang Ramah Lingkungan

Pernahkah Anda berpikir berapa banyak paket yang dikirimkan ke rumah jutaan para pelanggan? Wah, banyak sekali. Miliaran paket. Bisnis online yang menjamur akhir – akhir ini berkontribusi besar terhadap limbah pengiriman barang. Diperkirakan 2,4 miliar orang membeli paket secara online pada tahun 2021. Pembungkus pesanan Anda dan 2,4 miliar orang lainnya akan terbuang percuma karena Anda dan orang lain tidak membutuhkannya. Jika tidak diatasi dengan baik fenomena ini akan menyakiti bumi, mencemari lingkungan, hingga kerusakan ekosistem.

Kita membutuhkan kemasan pengiriman yang ramah lingkungan. Pembungkus yang tidak hanya bisa mengirimkan barang kepada pelanggan dengan aman, tetapi juga tidak terbuang percuma. Pembungkus yang bisa Anda gunakan kembali dan 2,4 miliar orang lainnya. Kita memerlukan bahan yang tidak mencemari lingkungan apalagi merusak ekosistem. Dengan demikian perputaran roda ekonomi melalui pengiriman barang online bisa selaras dengan pemeliharan lingkungan.

Kemasan kardus bergelombang mampu memenuhi kebutuhan pembungkus paket yang ramah lingkungan. Mungkin solusi ini dianggap remeh oleh sebagian orang. Mengganti pembungkus dengan kardus bergelombang dianggap tidak berarti apa – apa. Padahal perusahaan sukses sekelas Amazon sendiri sudah menjadikan kardus bergelombang sebagai citra brand pengiriman terbaik mereka. Mengapa kita tidak peduli? Mungkin karena kita belum mengenalnya dengan baik. Unduh Ebook gratis ini untuk lebih dekat dengan kemasan kardus bergelombang yang ramah lingkungan.

Perkenalkan Kemasan Kardus Ramah Lingkungan

Tahukah Anda tanpa penemuan kardus bergelombang ini pengiriman online akan menghasilkan miliaran limbah yang mengerikan? Mungkin Anda bertanya – tanya mengapa kardus bergelombang ini berbeda. Kata kunci utamanya adalah daur ulang. Kardus ini sangat ramah lingkungan karena pelanggan dan produsen bisa menggunakannya kembali. Selain ramah lingkungan kardus bergelombang juga bisa diandalkan karena fleksibel, aman, dan kuat. Bagaimana bisa?

Kertas bergelombang di bagian tengah lapisan kardus digunakan sebagai penyekat di antara dua kertas yang lurus. Bagian bergelombang yang ada dalam lapisan kardus membuat kardus lebih kuat saat berisi barang dan diangkat. Dengan adanya bagian bergelombang ini, maka kardus dapat menahan tekanan dan menahan agar kardus tidak mudah hancur. Selain itu, daya tahan kardus juga lebih kuat saat ditumpuk satu sama lain, sehingga membuat tempat penyimpanan kardus lebih efisien.

Kombinasi bahan kardus bergelombang menjadikan kardus ini dapat digunakan untuk melindungi bahan pengiriman. Mulai dari barang – barang elektronik yang sangat berharga, hingga buah – buahan segar kesukaan Anda bisa dikirim menggunakan kardus bergelombang. Kardus bergelombang sudah sangat dipercaya untuk mengirimkan barang ke seluruh penjuru dunia. Rata – rata kardus bergelombang terdiri dari 50% bahan daur ulang dari 96% kardus yang dibuat. Artinya hampir setengah dari seluruh kardus yang dibuat merupakan hasil dari daur ulang. Bisnis kardus bergelombang dan daur ulangnya ini bahkan mencapai $76 miliar! Angka yang fantastis untuk sebuah kardus, benar? Kalau bukan karena efektivitas fungsinya tentu permintaan dan penawaran kardus bergelombang ini tidak sefantastis itu. Unduh Ebook gratis ini untuk lebih dekat dengan kemasan kardus bergelombang yang ramah lingkungan.

Bagaimana Awalnya Kardus Bergelombang Ditemukan?

Bahan pembuatan kardus utamanya sama dengan pembuatan kertas karton, yaitu kayu pohon mulberry, rami, kain, dan serat tanaman yang dicampur dengan air. Semua bahan tersebut dibuat menjadi bubur, diaduk menjadi pasta kemudian disebarkan ke bingkai. Setelah tisu tipis terbentuk, campuran itu ditekan beban berat untuk membuat kertas.

Sejak abad kedua SM, kertas karton awalnya digunakan untuk menutupi dan mengawetkan makanan. Selama 1.500 tahun berikutnya, metode pembuatan kertas disempurnakan dan dibawa ke Timur Tengah, kemudian Eropa, dan terakhir ke Inggris pada tahun 1310. Belakangan, praktik tersebut tiba di Amerika di Germantown, Pennsylvania, pada tahun 1690. Kemudian dilanjutkan dengan penemuan kardus bergelombang yang ramah lingkungan ini.

Kemunculan kardus bergelombang awalnya merupakan sebuah kebetulan. Pencetusnya adalah Robert Gair, pria kelahiran Skotlandia yang menciptakan kotak karton potong pada tahun 1890. Gair menciptakan potongan-potongan datar karton yang diproduksi dalam jumlah besar yang bisa dilipat menjadi kotak.

Menurut sejarawan, awalnya Gair adalah seorang produsen printer dan kantong kertas di Brooklyn pada tahun 1870-an. Suatu hari, ketika sedang mencetak pesanan kantong, penggaris logam yang digunakan untuk melipat kantong berubah posisi dan memotong kertas tersebut. Dari peristiwa kebetulan itu Gair melakukan inovasi untuk membuat kardus bergelombang yang menggantikan kotak berat atau peti kayu. Sejak saat itu kota kardus diterima luas oleh masyarakat karena kuat, ringan, murah, dan dapat didaur ulang. Unduh Ebook gratis ini untuk lebih dekat dengan kemasan kardus bergelombang yang ramah lingkungan.

Klasifikasi Jenis Kemasan Kertas

Pakar industri mengategorikan kemasan berbasis kertas berdasarkan beratnya.

Kertas: Kertas adalah bahan tipis yang banyak digunakan untuk menulis, mencetak, atau mengemas. Kertas dibuat dengan menekan serat basah seperti bubur selulosa yang terbentuk dari kayu atau potongan, dan mengeringkannya menjadi lembaran fleksibel.

Kertas Karton: Karton biasanya lebih tebal (lebih dari 0,25 mm atau 10 poin) daripada kertas. Menurut standar ISO, kertas karton adalah kertas dengan berat dasar di atas 224 g / m². Tetapi terkadang karton bisa juga hanya satu lapis atau bahkan memiliki banyak lapisan.

Papan Serat Bergelombang: Papan serat bergelombang sering diidentifikasikan sebagai papan bergelombang atau karton bergelombang. Kertas jenis ini adalah bahan berbasis kertas campuran yang terdiri dari media bergelombang bergalur beberapa papan garis datar.

Papan Serat Bergelombang: Papan serat bergelombang sering diidentifikasikan sebagai papan bergelombang atau karton bergelombang. Kertas jenis ini memiliki bahan berbasis kertas campuran yang terdiri dari media bergelombang bergalur beberapa papan garis datar.

Karton Bergelombang: Tersedia Berbagai Jenis.
Unduh Ebook gratis ini untuk lebih dekat dengan kemasan kardus bergelombang yang ramah lingkungan.

Karton bergelombang memiliki lapisan alur bergelombang dan minimal satu lapisan. Fluting dan liner dapat digabungkan dalam berbagai lapisan untuk membuat berbagai jenis Karton Bergelombang. Beberapa jenis papan bergelombang yang umum digunakan dalam industri pengemasan dan pengiriman adalah:

Papan Permukaan Tunggal: Papan permukaan tunggal memiliki dua lapisan, lapisan liner, dan lapisan bergelombang. Papan ini tidak sekuat jenis karton bergelombang lainnya tetapi sering digunakan dalam kotak untuk menambahkan bantalan ekstra.

Papan Dinding Tunggal: Papan Dinding Tunggal adalah salah satu jenis karton bergelombang paling populer yang digunakan dalam kemasan. Papan ini adalah karton bergelombang yang umum digunakan dalam pengiriman lokal. Bahan ini mengandung dua lapisan media bergelombang di dalamnya: luar dan tengah.

Papan Dinding Ganda: Papan Dinding Ganda memiliki dua lapisan alur bergelombang dan tiga lapisan, membuatnya sangat kuat.

Papan Dinding Rangkap Tiga: Papan Dinding Rangkap Tiga adalah yang terkuat dari semua jenis karton bergelombang yang diproduksi secara lokal. Mereka cukup kokoh untuk digunakan sebagai pengganti peti kayu. Tiga lapisan fluting di Papan Dinding Rangkap Tiga menjadikan karton bergelombang ini pilihan yang andal untuk mengirimkan bahan kimia atau barang yang membutuhkan pengemasan yang unggul.

Realisasi Janji Kami Untuk Peduli Ekosistem

Kardus bergelombang aman dibuang karena bahan bakunya 100% biodegradable dan tidak mengandung zat berbahaya. Kardus ini dapat diproduksi tanpa perlu menambahkan pemutih atau pewarna dalam prosesnya; ini menjaga sistem air kita tetap bersih dan bebas dari polutan.

Kardus bergelombang diproduksi dari kertas daur ulang dan pohon yang terus ditanam kembali. Serat kardus daur ulang digunakan kembali tidak kurang dari sepuluh kali untuk membuat produk baru. Semakin banyak kardus bergelombang yang mendarat di rumah anda, maka semakin banyak kesempatan untuk mendaur ulang.

Dengan menggunakan produk kertas — termasuk kardus bergelombang — kami berkomitmen membuat produk kardus ramah lingkungan demi keseimbangan ekologis. Sehingga hutan sebagai paru – paru dunia dapat senantiasa terjaga.

“Optimisme adalah keyakinan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan.”
-Helen Keller.

Unduh Ebook gratis ini untuk lebih dekat dengan kemasan kardus bergelombang yang ramah lingkungan.

WhatsApp chat