Mengapa Anda Sebaiknya Memikirkan Kemasan Produk Anda Lebih Serius ?

Di artikel panjang ini  anda dikenalkan dengan peran penting suatu kemasan terhadap  kesuksesan produk anda dan cara mengaplikasikannya untuk berbagai macam operasional bisnis anda. Di akhir artikel kami bagikan panduan bermanfaat guna mengetahui dan menghitung biaya karton yang anda perlukan. Siapkan kopi dan cemilan. Selamat membaca !

Table of Contents

Overview

 

Saat hendak melakukan pengiriman produk kepada pelanggan, apa yang pertama kali melintas di benak Anda? Ya, pastinya Anda berharap, agar produk Anda sampai di tangan pelanggan dengan selamat. Karenanya, Anda pasti juga mengharapkan adanya perlindungan dan keamanan terhadap produk, betul? Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan kepuasan pelanggan.

Mengapa kepuasan pelanggan penting?

Tentu saja, karena peluang pelanggan Anda untuk membeli produk Anda lagi dan lagi, bahkan merekomendasikannya ke lingkungan pertemanan mereka, menjadi lebih besar. Akibatnya bisa diduga, Anda pun memiliki kesempatan untuk dapat menjangkau sejumlah pelanggan baru yang diharapkan juga akan sepuas sang pelanggan pertama, dan kemudian semakin banyak orang tertarik untuk membeli dari Anda, sehingga membuat bisnis Anda melesat pesat.

Lalu, dari mana perlindungan dan keamanan ini bisa didapatkan? Tentu saja, dari kemasan dan pengemasan.

Namun tentu saja, memberikan kepuasan pada pelanggan–dalam hal ini melalui pengemasan—tidaklah sesederhana yang kita bayangkan. Di samping itu, masih banyak yang menganggap sepele desain kemasan, bahkan terkesan seadanya. Bisa jadi lantaran memang kurangnya pemahaman akan pentingnya kekuatan kemasan, atau karena faktor harga jual yang harus ditekan supaya bisa menjual produk dengan harga murah.

Padahal sebenarnya, Anda bisa kok membuat kemasan yang sesuai dengan standar keamanan plus dengan biaya yang efisien. Yang penting, sebagai pemilik, manajer, dan pengelola bisnis, Anda harus punya mindset yang tepat dulu mengenai kemasan ini: bahwa kemasan produk itu harus didesain dengan serius. Setidaknya, Anda harus memastikan kemasan yang Anda gunakan benar-benar kuat sehingga dapat melindungi produk dengan baik. Jangan sampai pelanggan Anda menerima produk yang mereka beli dalam kondisi rusak.

Kemasan Harus Dipikirkan Secara Serius

 

Ya, Anda perlu memahami betul kenapa kemasan ini memliki poin penting dalam penjualan produk Anda.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa 1 dari 3 pelanggan mengaku kecewa terhadap desain kemasan produk yang mereka terima. Alasannya antara lain karena ukuran yang kurang pas, atau juga kurang memberikan perlindungan yang baik terhadap produk yang ada di dalamnya. Hal ini semakin menegaskan bahwa urusan pengemasan ini, meskipun terlihat sepele, ternyata cukup krusial keberadaannya.

Untuk memahami hal ini, sesekali posisikanlah diri Anda sebagai seorang pelanggan. Anda berseri-seri senang saat tukang kurir berteriak dari luar pagar bahwa dia sedang membawa sebuah paket yang Anda pesan melalui salah satu e-commerse beberapa hari lalu. Saat kotak paket yang dibawa pak kurir ternyata sebesar kotak kardus mi instan, pasti Anda kan mengerutkan kening, karena seingat Anda, produk yang Anda pesan ukurannya hanyalah sebesar sebuah kotak pasta gigi. Bagaimana kira-kira perasaan Anda ketika Anda buka paket sebesar kotak mi instan, yang kemudian berisi sebuah produk yang besarnya hanya seukuran kotak pasta gigi itu?

Belum lagi biaya pengiriman yang membengkak, karena bisa jadi yang diperhitungkan dalam ongkos kirim adalah volume alih-alih berat produknya.

Maka tidak bisa dimungkiri lagi, urusan kemasan ini memang sangat krusial saat pengiriman produk Anda ke tangan customer.

Mari kita rangkum menjadi dua poin sederhana, alasan mengapa kemasan produk harus Anda perhatikan dengan serius, karena selain meningkatkan citra merek produk Anda, hal ini bisa juga memengaruhi persepsi pelanggan yang pada akhirnya menjadi pembeda utama produk Anda dengan para pesaing.

Meningkatkan Nilai Jual Produk Anda

 

Pengemasan adalah hal pertama yang akan dilihat pelanggan Anda, dan akan memengaruhi emosi mereka sejak saat mereka menerimanya. Kemasan yang menarik, ramah lingkungan, mudah dibuka, atau bisa digunakan untuk pemakaian lain pasti akan lebih menarik minat pelanggan. Apalagi jika terbukti pengemasan tersebut kuat melindungi produk yang mereka beli dengan baik.

Di beberapa online shop di marketplace, misalnya, salah satu hal yang selalu menjadi sorotan dalam testimoni-testimoni pelanggan yang puas adalah pengemasan yang baik dan rapi, sehingga barang yang mereka beli pun utuh sampai di tangan mereka, tanpa kerusakan berarti. Apalagi jika hal ini ditambah dengan kesan yang berbeda. Kemasan yang unik akan ikut menonjolkan produk Anda dibandingkan pesaing.

Produk Anda memang tetap yang paling penting, tapi kemasan yang baik pada akhirnya tidak hanya berfungsi menjadi pelindung, tetapi juga membuat merek Anda semakin dikenal, sehingga penjualan produk Anda juga akan semakin meninggi.

Membuat Pelanggan Merasa Istimewa

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengemasan yang kuat dan rapi sangat sering menjadi poin utama dalam banyak testimoni penjual. Banyak juga ditemui, komplain pada penjual yang mengemas produk secara asal-asalan, dan mengakibatkan rating online shop yang bersangkutan menjadi kurang baik. Secara tidak langsung, hal ini pasti akan memengaruhi (calon) pembeli lain untuk ikut beli di tempat yang sama.

Pengemasan yang kuat dan rapi, yang menjamin produk sampai di tujuan dengan aman, akan membuat pelanggan Anda merasa diistimewakan. Barang yang dibelinya diberi jaminan. Ini akan membuahkan rasa percaya kepada Anda sebagai penjual, dan selanjutnya akan mudah saja bagi mereka untuk melakukan pembelian berikutnya.

Perasaan istimewa inilah yang membuat sang pelanggan menjadi loyal customer yang Anda miliki.

Di era media sosial yang serba pamer seperti ini, mudah bagi siapa pun untuk share apa saja kepada dunia. Demikian juga dengan pelanggan Anda. Tak jarang mereka melakukan unboxing produk yang mereka beli, dan kemudian mengunggahnya ke akun media sosial yang mereka miliki.

Kemasan yang terlihat kuat, aman, rapi, apalagi ditambah unik akan menarik perhatian. Dengan demikian, secara tidak langsung, pelanggan Anda akan ikut memasarkan produk Anda di akun media sosial mereka. Lumayan kan, dapat promosi gratis?

Keuntungan bagi Anda: para calon pelanggan baru–yang menjadi follower si pelanggan lama–akan menjadi pelanggan loyal Anda berikutnya!

Kemasan yang Kuat Tidak Harus Mahal

 

 

Lantas, apakah demi output (kepuasan pelanggan) yang Anda harapkan, Anda harus menyediakan biaya tambahan untuk urusan kemasan ini dalam jumlah besar sehingga bisa saja mengurangi modal Anda –atau Anda harus mencari modal baru hanya untuk urusan pengemasan—secara  signifikan? Benarkah kepuasan pelanggan berharga mahal?

Jawabannya: tidak. Ada banyak cara efisiensi yang bisa diambil saat memilih jenis dan bentuk kemasan–dalam hal ini dengan material karton–sesuai kebutuhan tanpa harus menambahkan biaya tambahan yang terlalu besar dalam proses produksi Anda.

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan mengenai kemasan karton produk yang efisien

  1. Cermati produk Anda. Ukurlah dengan teliti, tentukan bentuk kemasan, dan pilih bahan kotak kemasan yang sesuai dengan produk. Biaya kemasan dapat ditekan dengan pembuatan desain karton yang tepat, pun pemilihan bentuk serta bahan yang sesuai. Kuncinya: efisien dan ekonomis, jangan biarkan ada ruang terbuang. Pas.
  2. Menyediakan berbagai ukuran. Menyediakan berbagai ukuran kotak kemasan akan lebih masuk akal dibandingkan mengirimkan produk berdimensi kecil Anda dengan kotak kemasan yang terlampau besar. Hal ini pada akhirnya akan mengecewakan pelanggan karena harus membayar lebih volume pengiriman yang tidak tepat.
  3. Pilih perekat pengepakan yang kuat tanpa harus diaplikasikan berkali-kali. Perekat yang sesuai akan mampu melindungi kemasan dan produk Anda di dalamnya tanpa pemborosan, karena diperlukan dalam jumlah banyak padahal pada akhirnya hanya akan dibuang oleh pelanggan.
  4. Pertimbangkan jika Anda butuh perlindungan tambahan, terutama jika produk Anda mudah rusak atau pecah. Materi kertas karton yang digunakan bisa jadi berbeda untuk satu produk dengan yang lain, tergantung tingkat perlindungan yang diperlukan. Anda tak perlu memilih karton double wall jika yang Anda kirimkan adalah baju yang berbahan kain, tetapi mungkin Anda akan perlu tambahan kemasan yang bisa melindungi produk Anda dari lembap atau air. Sebaliknya, Anda akan perlu karton yang tebal ketika produk Anda misalnya terbuat dari kaca, gelas, atau keramik, yang mudah pecah. Karenanya, kenali produk Anda dan risiko yang bisa terjadi, baru kemudian Anda bisa menentukan pengemasan seperti apa yang paling baik dan efisien memberikan perlindungan.
  5. Kemasan custom. Anda bisa beralih ke kemasan yang dibuat khusus, bukan stok standar yang Anda potong sendiri sehingga malah banyak bahan yang terbuang.

Penjualan internet yang di tahun ini mencapai hampir 12% dari penjualan ritel di Indonesia, menunjukkan peningkatan yang signifikan. Bahkan sebuah studi terbaru yang digagas DotCom Distribution mengemukakan bahwa dalam 12 bulan terakhir ini, sebesar 60% konsumen berbelanja online lebih banyak daripada 12 bulan sebelumnya! Gunakan fakta dan data ini untuk mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi, dapatkan pelanggan-pelanggan baru, dan jadikan mereka pelanggal loyal produk Anda sekarang juga.

Anda ingin membuat perhitungan sendiri, seberapa banyak Anda akan butuh karton untuk kemasan produk yang paling pas–efisien di harga dan jumlah, serta memberikan perlindungan dan keamanan yang baik?

PANDUAN PRAKTIS (ADVANCED)

 

Berikut ini adalah ebook yang bisa menjadi panduan Anda untuk melakukannya. Ingat, kekeliruan dalam membuat ukuran maupun menentukan bentuk serta bahan packaging akan berakibat kurang efisiennya biaya produksi. Tentunya, hal ini seharusnya Anda hindari, bukan?

Dalam ebook ini ada beberapa topik yang akan dibahas, yaitu:

  • Karton box overview, di mana Anda akan diajak berkenalan dulu dengan berbagai macam jenis karton
  • Aplikasi karton, yang akan memandu Anda untuk membuat desain dan memilih material yang paling sesuai untuk produk Anda
  • Quality control, yang akan membuka rahasia bagaimana mengetahui kualitas material packaging yang paling bagus
  • Cara menghitung kebutuhan karton untuk mengemas produk dengan benar, sekaligus cara menghitung harganya.

Silakan klik tautan ini, untuk mendapatkan copy ebook yang sangat bermanfaat ini secara gratis. DOWNLOAD PANDUAN INI DAN LAKUKAN EFESIENSI SEKARANG JUGA

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI !

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram